EKONOMI BISNIS

T1 Bandara Juanda Diperluas, Angkasa Pura Siapkan Pengalihan Jalur

Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:16 WIB
Proyek perluasan Terminal 1 Bandara Juanda, Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Perluasan terminal 1 atau terminal penerbangan domestik yang sedang berjalan di Bandara Juanda akan berdampak pada pengalihan jalur. Yuristho Ardhi Communication and Legal Section Head Bandara Juanda Surabaya mengatakan, akan ada beberapa rekayasa yang dilakukan.

"Jadi, karena ada proyek yang sedang berjalan di bandara yang beroperasi, pasti ada dampak yang akan ditimbulkan dari proyek tersebut. Kami memohon maaf pada pengguna jasa, dan kami telah melakukan upaya mitigasi melalui rekayasa pengalihan jalur. Akan diubah jalur kedatangan maupun keberangkatan penumpang. Sekaligus jalur kendaraan akan dilakukan rekayasa," ujar Yuristho di Media Center Bandara Juanda pada Rabu (14/8/2019).

Perlu diketahui, perluasan terminal 1 yang telah berlangsung sejak Juli lalu ini, akan menambah kapasitas bandara yang saat ini 6 juta menjadi 13,6 juta penumpang per tahun. Heru Prasetyo General Manager Bandara Juanda Surabaya mengatakan, perluasan terminal itu mencapai puluhan meter persegi.

"Terminal yang tadinya seluas 62.700 meter persegi menjadi 91.700 meter persegi dengan kapasitas 13,6 juta per tahun. Investasi yang kami siapkan untuk perluasan ini sebesar Rp, 685 miliar," ujarnya.


Menurut Heru, perluasan T1 yang ada di sebelah timur terminal existing akan berfungsi sebagai terminal pemberangkatan umroh. Mengingat 13% dari total penumpang tahun lalu adalah jamaah umroh.

"Setelah perluasan tahap 1 selesai, T1 bandara Juanda akan kembali diperluas di tahap 2 menjadi 137.200 meter persegi, sehingga akan mampu melayani 15,2 juta penumpang per tahun," lanjutnya.

Heru mengaku, sebenarnya T1 bandara Juanda telah mengalami lack of capacity, karena kapasitas yang dimiliki sebenarnya hanya 14,5 juta penumpang per tahun. Tapi melayani hingga 20, 6 juta penumpang. Sehingga untuk meningkatkan Customer Satisfaction Index, maka perluasan perlu dilakukan.

Tak hanya itu, area parkir on ground juga akan ditambah luasnya 27 ribu meter persegi dan mampu menampung 730 kendaraan roda empat. Yuristho menambahkan, terminal existing yang sudah ada juga akan dipercantik dengan ornamen jawa dipadukan ornamen modern.

"Alasannya (melakukan perluasan, red) yang utama yaitu menambah daya tampung itu sendiri. Selain itu, kami akan berusaha meningkatkan customer satisfaction indeks, kualitas layanan dengan penambahan tersebut,"

Yuristho mengatakan, pengerjaaan proyek ini akan berlangsung selama 14 bulan sejak bulan Juli lalu. Namun, pihaknya menyebut, ada rencana percepatan proyek, karena berkaitan dengan musim lebaran tahun depan. Diharapkan, saat musim mudik tahun depan, proyek ini sudah selesai dan dirasakan oleh para pemudik. (bas/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA