EKONOMI BISNIS

Republik Belarus Perkuat Kerjasama dengan Pengusaha Jawa Timur

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 12 Agustus 2019 | 22:37 WIB
Darmawan Utomo Konsul Kehormatan Belarus di Indonesia mendampingi H.E Valery Kolsenik Duta Besar Republik Belarus untuk Indonesia di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pemerintah Republik Belarus, berencana terus memperkuat kerjasama di banyak bidang, yang sebelumnya sudah terjalin, termasuk diantaranya adalah perdagangan dengan para pengusaha di Jawa Timur.

Hubungan kerjasama di berbagai bidang antara Pemerintah Indonesia dengan pemerintah Republik Belarus telah terjalin sekitar 25 tahun yang lalu. Perjanjian kerjasama di berbagai bidang tersebut sudah terjalin dan ditandatangani masing-masing pihak.

H.E Valery Kolsenik Duta Besar Republik Belarus untuk Indonesia menyampaikan bahwa kerjasama diberbagai bidang memang sudah terjalin sejak lama. Tetapi volumenya memang belum terlampau besar. Karena itu pihaknya ingin memperkuat kerjasama yang sudah ada tersebut.

"Kami berencana menggelar forum-forum bisnis sekitar bulan September nanti. Satu diantaranya adalah dengan mengundang para pengusaha asal Jawa Timur ini. Dalam waktu dekat ini, kami ikut berpartisipasi pada sebuah pameran tentang pertambangan di Indonesia," terang Valery Kolsenik.


Valery menambahkan ada banyak komoditas produk Belarus yang telah masuk ke Republik Indonesia. Mulai dari pupuk, alat pertanian, kendaraan, minyak olahan serta mesin kendaraan atau spareparts.

Sedangkan barang-barang atau komoditas Indonesia yang sudah masuk ke Republik Belarus, diantaranya adalah hasil perkebunan seperti Kopi, Karet. Juga perangkat keras misalnya fiber optik, dan komponen otomotif.

"Kami berharap dan terus berusaha meningkatkan dan memperkuat perdagangan dengan Republik Indonesia, dengan merealisasikan perdagangan lebih meningkat agar capaian tahun ini melebihi tahun sebelumnya," papar Valery.

Sementara itu ditambahkan Darmawan Utomo Konsul Kehormatan Belarus di Indonesia, bahwa seiring dengan keseriusan pihak pemerintah Republik Belarus terkait dengan memperkuat kerjasama di banyak bidang, pihaknya juga akan menawarkan potensi produksi perikanan.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur tentunya untuk meningkatkan produksi perikanan, yang bisa kami tawarkan pada pemerintah Belarus mengingat negara ini tidak memiliki laut. Selain kami juga mengincar ekspor produk otomotif. Pemerintah Republik Belarus mengakui produk komponen otomotif kita bagus," tegas Darmawan Utomo.

H.E Valery Kolsenik Duta Besar Republik Belarus untuk Indonesia, Senin (12/8/2019) hadir di Surabaya dalam rangka memberikan bintang penghargaan kepada Darmawan Utomo Konsul Kehormatan Belarus di Indonesia pada acara The 100 Years of Belarusian Diplomatic Service yang digelar di Vasa Hotel Surabaya.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA