EKONOMI BISNIS

Kementan, Kemendag dan Bulog Gelar Operasi Bawang Putih di Pasar Induk Osowilangun

Laporan Fatkhurohman Taufik | Jumat, 19 Mei 2017 | 11:35 WIB
Kementerian pertanian bersama kementerian perdagangan dan Bulog menggelar operasi pasar bawang putih di pasar induk Osowilangun, Jumat (19/5/2017). Foto: Taufik suarasurabaya
suarasurabaya.net - Kementerian pertanian bersama kementerian perdagangan dan Bulog menggelar operasi pasar bawang putih di pasar induk Osowilangun, Jumat (19/5/2017).

Pantauan suarasurabaya.net, operasi pasar kali ini dibuka langsung oleh Amran Sulaiman Menteri Pertanian serta Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sebanyak enam kontainer bawang putih didatangkan dan digelar di dalam pasar induk Osowilangun untuk operasi pasar kali ini.

Ada tiga jenis bawang yang kali ini dijual yakni bawang putih dari Cina dijual Rp23 ribu per kilogram atau Rp460 ribu per sak. Kemudian bawang putih dari India jenis super dijual Rp15 ribu per kilogram atau Rp300 ribu per sak dan dari India kualitas biasa dijual Rp10 ribu per kilometer dan Rp200 ribu per sak.

"Operasi bawang putih dilakukan untuk menurunkan harga bawang putih yang pada pekan lalu masih mencapai Rp50 ribu per kilogramnya," kata dia.

Para pengusaha atau importir bawang juga telah sepakat untuk menurunkan harga khususnya menjelang puasa dan lebaran kali ini.

Dari catatan Amran, jika dua hari lalu bawang putih masih di kisaran Rp50 ribu perkilogramnya, hari ini di pasaran sudah turun menjadi Rp23 ribu per kilogramnya. (fik/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.