EKONOMI BISNIS

500 Outlet Penukaran Uang Dibuka di Surabaya dan Sekitarnya

Laporan Agita Sukma Listyanti | Kamis, 19 Juli 2012 | 17:59 WIB
suarasurabaya.net - Mulai tahun ini, Bank Indonesia tidak melayani penukaran uang untuk Lebaran. Tapi, jangan khawatir. Bank Indonesia sudah bekerjasama dengan bank umum dan BPR untuk menyediakan loket penukaran uang. Gratis, tanpa dipungut biaya.

Lebih dari 500 outlet penukaran uang di bank umum dan BPR yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya dan sekitarnya Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Jombang dan Bojonegoro.

Dikatakan Hamid Ponco Wibowo Deputi Kepala Perwakilan Wilayah IV Bank Indonesia, pembukaan outlet sebagai bentuk optimalisasi pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan uang kecil.

"Tahun 2012, ada 64 bank umum dan 80 loket BPR yang ada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang dan Bojonegoro menyediakan penukaran uang," kata Hamid pada wartawan, Kamis (19/7/2012).

Layanan penukaran uang pecahan kecil di bank umum dan BPR serentak dibuka pada 24 Juli 2012 mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB setiap Selasa, Rabu dan Kamis.

Sejumlah bank yang ditunjuk melayani penukaran uang adalah Bank Mandiri, BCA, Commonwealth cabang Darmo Surabaya, Bank of China cabang Intiland Surabaya, Bank Pundi, BTPN, Bank Mega, Bank Amin, OCBC NISP, Bank Jatim, BRI, Bank MUamalat, Bank Panin, Bukopin Syariah, Bank HANA, Bank of India Indonesia, Bank Antar Daerah, Bank Syariah Mandiri, Bank Permata, Bank Mutiara, Bank Danamon, BNI, Citibank, Bank Arta Graha, Bank Sinar Mas, Bank Windu Kencana, Bank Metro Express, Bank CNB, Bank CIMB Niaga, BII, dan lainnya.

Tidak hanya pembukaan loket bank, adapula 2 unit mobil Kas Keliling yang dioperasikan pada jam operasional kantor untuk melayani penukaran uang kecil.

Tahun 2012, Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah IV Jawa Timur memperkirakan kebutuhan uang pada Lebaran ini sebesar Rp 15,7 triliun, naik 42,7 persen dari realisasi 2011. Estimasi kebutuhan uang pecahan kecil Rp 2 trilyun dan pecahan besar Rp 13,7 trilyun.(git)

Teks Foto :
- Bank umum dan BPR buka loket penukaran uang.
Foto : dok. suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Pasca Kebakaran di Gudang...
zaenalershonk